Kamis, Juni 12, 2008

Kutim Cemerlang

Program Kutim Cemerlang yang memiliki arti Pendidikan Kutai Timur yang Cerdas, Merata, dan Prestasi Gemilang, diharapkan akan memperoleh dukungan dari semua pihak. Peran serta masyarakat dan dunia usaha bersama-sama pemerintah sangat menentukan keberhasilan program Kutim Cemerlang. Oleh karena itu, dalam penentuan strategi dan arah kebijakan bidang pendidikan, keterlibatan semua pihak sangat diharapkan. Komitmen pimpinan daerah sudah sangat jelas, dan keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh keseriusan, kekompakan dan kebersamaan para penyelenggara pendidikan pada semua lini.

Program Cerdas mempunyai makna ” terciptanya masyarakat Kutai Timur yang cerdas, terampil, berakhlak mulia, dan berdaya saing tinggi ”. Konsep ini pada dasarnya memiliki arti luas dalam hal peningkatan mutu dan relevansi pendidikan. Mutu peserta didik, mutu lulusan satuan pendidikan, mutu penyelenggara pendidikan, mutu tenaga kependidikan serta kurikulum yang mengikuti perkembangan, adalah merupakan fokus yang harus menjadi perhatian.

Merata memilki makna ”Pendidikan yang berkeadilan, berpihak pada rakyat kecil, merata bagi seluruh masyrakat dan mensejahterakan tenaga kependidikan”. Pendidikan harus memiliki makna keadilan dalam arti dapat diakses oleh setiap insan sebagai bagian dari hak asasi yang sangat mendasar. Rakyat kecil dalam arti masyarakat kurang berkemampuan secara finansial, diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam memperoleh pendidikan secara Cuma-Cuma hingga jenjang tertentu ( SMA/SMK/MA ).Tenaga kependidikan dalam arti guru, dosen dan tenaga pendukung pendidikan, sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan formal sudah selayaknya memperoleh kompensasi yang setimpal dengan pengabdiannya, sehingga memiliki kesempatan yang cukup dalam mengembangkan kapasitas diri dalam menghasilkan generasi-generasi yang lebih berkualitas.

Prestasi Gemilang adalah salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Kutai Timur diharapkan dapat menorehkan prestasi gemilang yang dimaksud dalam hal memiliki arti yang lebih luas yaitu ”menghasilkan prestasi gemilang, mampu menjawab tantangan masa depan, sesuai dengan kebutuhan daerah, regional, nasional bahkan internasional”. Jadi, tujuan utama adalah menhasilkan insan yang cerdas dan kompetitif pada era persaingan yang semakin ketat dimasa mendatang.

Tidak ada komentar: